Tales of Berseria versi Barat “Lebih Lembut” Jika Dibandingkan dengan versi Jepang

Tales of Berseria Velvet dan Laphicet

Bicara mengenai sensor di game tentunya tidak akan ada habisnya. Dari God Eater yang mengurangi jumlah darah yang ada di gamenya, karakter perempuan di Star Ocean 5 yang jadi menggunakan popok karena celana dalam dianggap terlalu seksi, dan Fire Emblem Fates yang harus kehilangan salah satu fiturnya karena dianggap tidak pantas. Yang namanya sensor pasti ada saja dan developer hanya bisa menyesuaikan.

Nah, kali ini hal yang sama juga terjadi pada game Tales of Berseria versi Inggris. Namun, sebagai peringatan, yang akan ditampilkan disini akan ada sedikit spoiler/bocoran dari cerita. Oleh karena itu, bagi kalian yang tidak suka dengan sedikit bocoran, maka disarankan untuk berhenti sampai disini.

Walaupun begitu, spoiler yang ada sendiri bukanlah sesuatu yang spesial, karena bagi kalian yang sudah melihat berbagai trailer dari Tales of Berseria yang disajikan oleh Bandai Namco sebelumnya, kalian pastinya sudah melihat yang terjadi.

Lalu apakah yang disensor pada Tales of Berseria versi Inggris? Dari trailer versi Barat yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Bandai Namco, adegan dimana ada seorang anak kecil yang ditusuk pedang menjadi berubah terkena magic. Itu saja. Sayangnya, berdasarkan kalimat dari yang sudah memainkan versi Jepangnya, mereka mengatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang penting. Berhubung saya sendiri masih menunggu versi Inggrisnya keluar, saya tidak bisa menjawab seberapa pentingnya adegan tersebut nantinya.

Tales of Berseria Sensor Tidak Masuk Akal

Satu hal yang pasti, akibat dari sensor yang ada tersebut, Bandai Namco akhirnya memberikan pernyataan kalau alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut adalah karena mereka sebagai perusahaan harus mengikuti aturan yang berlaku, dan selain itu andaikata mereka masih menggunakan adegan yang ada pada versi Jepangnya, maka rating game tersebut akan berubah jadi dewasa, dan mereka tidak menginginkan hal tersebut karena mereka tidak akan bisa menjangkau fans dari seri Tales yang berada di bawah rating tersebut. Untungnya selain dari adegan tersebut tidak ada lagi yang disensor di gamenya. Termasuk juga dengan desain kostumnya.

Tales of Berseria akan dirilis pada tanggal 24 Januari 2017 mendatang untuk wilayah Amerika, yang kemudian disusul dengan versi Eropa beserta dengan versi PC-nya lewat Steam pada tanggal 27 Januari 2017. Bagi yang penasaran ingin mencicipi demonya terlebih dahulu, demo dari Tales of Berseria akan dapat dicoba pada tanggal 10 Januari 2017 mendatang di PlayStation 4 dan PC.