Steam Melakukan Perubahan untuk Penilaian Review Karena Banyak Terjadi Kecurangan

Steam Sept 2016

Valve kembali melakukan perubahan mengenai penilaian review game di Steam. Setelah sebelumnya Valve menambah fitur pada sistem reviewnya untuk menampilkan highlight terbaru dari review untuk sebuah game, kali ini mereka melakukan perubahan pada sistem review mereka yang dikatakan akan membantu mengurangi kecurangan.

Diumumkan oleh Valve, dikarenakan adanya kecurangan yang terjadi dimana banyak orang yang memasukkan gamenya lewat key — bukannya membeli langsung lewat Steam — dan memberikan review positif yang palsu yang hanya bertujuan untuk mendongkrak review game tersebut ke positif, akhirnya Valve memutuskan hanya akan menilai review dari orang-orang yang membeli gamenya langsung di Steam saja dan tidak akan menghitung review dari yang mendapatkan key dari luar.

Namun keputusan terbaru dari Valve tidak selalu berakhir positif, karena setelah sistem yang baru ini diberlakukan, beberapa developer indie yang terkena imbasnya langsung berbicara.

Sebenarnya Valve sendiri sudah mengetahui kalau tidak semua orang mendapatkan gamenya langsung dari Steam, seperti: Kickstarter, promo, boxed version, atau penjualan dari developernya langsung. Namun dikarenakan banyak developer yang berlaku curang — setidaknya 160 games menurut Valve — dengan membagikan key hanya untuk membuat review palsu agar game mereka mendapat rating positif, maka Valve langsung bertindak drastis seperti ini.

Steam New Review Sep 2016

Walaupun begitu, ada sisi positif juga pada update terbarunya ini, yaitu adanya opsi untuk memfilter review berdasarkan bahasa, bagaimana gamenya didapatkan, dan mana review yang berguna — walau pada prakteknya tetap saja review yang dianggap berguna oleh Steam banyak berupa review yang tidak jelas.

Apakah keputusan Valve ini benar ataukah keputusan ini hanyalah agar orang-orang belanja langsung di Steam? Hmm.