Steam Akan Mengharuskan Developer untuk Menggunakan Screenshots dari Gamenya Langsung!

Dota 2 Steam Artwork

Kabar baik bagi kalian para pengguna sekaligus para pembeli game di Steam, karena berdasarkan dari kabar yang beredar, nantinya Valve akan mewajibkan para developer yang berjualan lewat Steam untuk menggunakan gambar screenshot langsung dari gamenya, dan bukannya menggunakan concept art atau pre-rendered images.

Seperti yang mungkin juga sudah kalian alami sendiri, selama ini banyak sekali developer yang menggunakan gambar yang sangat jauh berbeda dengan yang ada di gamenya, dimana gambar yang dipakai biasanya menampilkan sesuatu yang sangat menarik hingga calon pembeli yang tidak sabar dan juga tidak teliti yang langsung saja membelinya karena mengharapkan yang dibelinya tampak seperti yang dilihatnya tersebut. Hal itulah yang tampaknya akan Valve berusaha dibasmi pada update berikutnya.

Dalam update berikutnya yang akan dinamakan Discovery Update 2.0 — yang akan hadir beberapa minggu lagi, Valve meminta dua hal kepada developer untuk menyesuaikan produknya agar nantinya dapat memanfaatkan fitur baru Steam dengan penuh.

Permintaan yang pertama adalah agar developer nantinya menandai screenshot mana yang pantas untuk dilihat semua umur, dan mana yang hanya dapat dilihat oleh orang dewasa saja. Hal tersebut dikarenakan nantinya pada Discovery Update 2.0, Steam akan menampilkan game dalam cara yang berbeda dibandingkan dengan yang ada sekarang ini, seperti menampilkan beberapa screenshot dari game tersebut pada halaman depan.

Permintaan kedua adalah agar developer nantinya menampilkan screenshots langsung dari game mereka, dan bukannya: concept art, pre-rendered cinematic stills, marketing copy, atau hal lainnya yang bukan ada di gamenya.

Untuk contoh kasus di permintaan kedua, mereka menampilkan kesalahan mereka langsung dengan game Dota 2, dimana Valve menampilkan artwork untuk Dota 2 dan bukannya screenshots dari gamenya langsung. Walaupun begitu, tampaknya mereka sudah merubah semua screenshot yang digunakan pada halaman Dota 2 mereka ketika tulisan ini dibuat.

Bagi yang penasaran dengan kalimat langsung dari Valve, inilah kalimatnya:

Request 2: Please use screenshots to show your game

We haven’t been super crisp on guidelines for screenshots in the past, so we’d like to take this opportunity to clarify some rules in this space. When the ‘screenshot’ section of a store page is used for images other than screenshots that depict the game, it can make it harder for customers to understand what the product is that they are looking at. Additionally, we’re going to start showing game screenshots in more places as described above. and these images need to be able to represent the game.

We ask that any images you upload to the ‘screenshot’ section of your store page should be screenshots that show your game. This means avoiding using concept art, pre-rendered cinematic stills, or images that contain awards, marketing copy, or written product descriptions. Please show customers what your game is actually like to play.

For elements such as marketing copy, awards you’d like to show off, or descriptions of your Deluxe Edition, we ask that you use the specific spaces already available on your store page to put that content rather than including it in your screenshots.

Dota 2 is an example of where we were doing it wrong ourselves. We’re now in the process of updating Dota 2 to use screenshots of the game rather than artwork.

Untuk melihat tulisan selengkapnya mengenai Discovery Update 2.0 untuk Steam, kalian dapat melihatnya pada screenshot yang cukup panjang yang terletak di bawah ini (thanks to Sanjuaro):

Steam Nantinya Harus Pakai Screenshots Beneran bagi Developer