Saham Nintendo Turun Setelah Nintendo Switch Resmi Diumumkan

Nintendo Switch Jarak Dekat

Baru saja para pemegang saham Nintendo bergembira akibat stok Nintendo yang melambung ketika konsol mereka belum diumumkan ke publik, eh hanya dalam satu hari saja saham tersebut langsung merosot setelah Nintendo Switch resmi diumumkan ke umum.

Penasaran seberapa merosotnya? Seperti beginilah:

Saham Nintendo Turun karena Switch Tidak Menarik

Tampak menurun sekali bukan? Tidak perlu menjadi seorang ahli saham untuk melihat grafik di atas yang tampak jelas menurun.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi disini? Dalam wawancaranya dengan Gamesindustry, Dr. Serkan Toto yang merupakan seorang analis yang mengkhususkan diri di pasar ponsel di Asia, hal tersebut dikarenakan ia tidak yakin kalau konsep konsol portabel sekaligus rumahan merupakan sesuatu yang inovatif.

Dia juga mengungkapkan kalau yang akan membeli konsol Nintendo Switch hanyalah fans yang sudah cinta mati ke Nintendo dan ditambah lagi tidak adanya fitur khusus yang dapat menarik kembali sebagian besar gamer casual yang sudah nyaman di mobile saat ini. Sebagai contohnya, di Jepang sendiri industri game mobile sendiri sudah lebih besar 2 hingga 3 kali lipat dari konsol, bahkan PS4 pun harus berjuang disana.

Sorry, but is a portable/home console approach really that innovative in 2016? I am most concerned about the target group of the device: who else but die-hard Nintendo fans will buy the Switch? The Switch lacks a killer feature, and I think it will be very difficult for Nintendo to win back the casual gamers that are mostly on mobile now. In Japan, for example, the mobile gaming sector is already 2-3 times bigger than consoles. Even the PS4 struggles over here. It’s going to be a huge challenge to try to reverse that trend.

Walaupun begitu, suksesnya dari konsol Nintendo Switch nantinya kemungkinan akan terletak pada harganya. “Harga tergantung dari spesifikasi, dan kesuksesan tergantung pada harga dan spesifikasi,” ujar Michael Pachter dari Wedbush Securities. “Kalau spesifikasinya mendekati PS4, maka mereka dapat menaruh harga yang sama dengan PS4 sekitar $249, atau paling tinggi pada $299. Kalau spesifikasinya lebih rendah, maka harganya bisa lebih rendah.”

Para analis setuju kalau $299 adalah harga tertinggi yang dapat Nintendo pasang nantinya. “Mereka harus menemukan cara agar Nintendo Switch nantinya dihargai pada harga $299 untuk ada kemungkinan sukses,” ujar Dr. Serkan Toto, karena dengan harga $299 para gamer hardcore sudah dapat membeli konsol dari pesaing mereka, yaitu dari Microsoft dan Sony. Sedangkan untuk penggunaan game portabel, seperti yang sudah diketahui, saat ini pasar tersebut sudah dipegang oleh ponsel.