Pro Evolution Soccer 2017 PC Berhasil Dijebol!

PES 2017

Sebuah judul yang dilindungi oleh Denuvo kembali dijebol, dan kali ini giliran game buatan Konami yang namanya tentunya sudah kalian kenal, Pro Evolution Soccer 2017. Yang menjebolnya? Tentu saja CPY.

Seperti yang sudah kita tahu, PES 2017 sendiri dirilis pertama kali pada tanggal 14 September lalu, yang berarti CPY membutuhkan waktu sekitar enam mingguan hingga akhirnya PES 2017 yang sudah dibajak tersebut dapat keluar untuk umum, sama dengan game indie yang berjudul INSIDE yang juga membutuhkan waktu sekitar enam mingguan juga.

Terlepas dari kualitas PES 2017 untuk PC yang jauh dibawah versi PS4 dan XBOX One-nya (dan jangan lupa juga dengan update 4K untuk PS4 Pro), kabar mengenai terbongkarnya game ini tentunya akan disambut bahagia oleh para penggemar game bola yang lebih menyukai PES daripada FIFA.

Apakah hal tersebut berarti para pembajak sudah menang? Sayangnya tidak. Denuvo sendiri mengakui kalau cracker bisa menemukan jalan seperti yang diucapkan langsung kepada Eurogamer. Namun kalau Denuvo bisa menjaga game yang menggunakan proteksinya agar tidak dapat dijebol pada bulan pertamanya, maka mereka sudah menang, karena para publisher mengetahui kalau pada hari awal-awal rilis dari game itulah hari dimana mereka akan mendapatkan pembeli dengan jumlah terbesar terutama dari pembeli yang tidak sabar. Hal itulah yang berhasil dilakukan oleh Denuvo, mereka berhasil menjaga game-game tersebut bahkan hingga waktu berbulan-bulan sebelum dapat dibongkar, bahkan ada judul yang hingga saat ini masih belum terbongkar.

Tentu saja bagi pengguna bajakan yang sangat sabar, hal di atas bukanlah merupakan sebuah masalah bagi mereka. Mengapa? Karena kalau memang tidak bisa dibongkar dan tidak ada cracknya, maka tinggal menunggu hingga game itu didiskon hingga harga yang sangat murah.

Lalu game apakah yang berikutnya akan dijebol oleh CPY? Sayangnya tidak ada yang tahu pasti apa yang akan dijebol oleh CPY nanti, karena seperti yang sudah kita ketahui kalau Just Cause 3 sendiri hingga saat ini masih belum terbongkar (celah dari Voksi tidak dihitung) sedangkan game tersebut sudah keluar dari sepuluh bulan yang lalu. Selain itu God Eater 2 Rage Burst yang juga diproteksi oleh Denuvo dan sudah keluar sebelum PES 2017, hingga saat ini masih belum berhasil dijebol.