Nintendo Meminta Game Jolt untuk Menghapus 562 Game Buatan Fans

Mario Kart 8 Wiiu

Untuk urusan hak cipta, Nintendo memang tak pernah ada kata kompromi. Bagi kalian yang sering membaca bermacam berita game pastinya sudah sering kali kalian melihat tulisan mengenai pengacara Nintendo yang melayangkan surat kepada fans yang membuat game yang menggunakan nama, karakter, atau apapun yang merupakan hak cipta dari Nintendo.

Setelah sebelumnya mereka meminta semua tempat yang menyimpan download link dari proyek AM2R (Another Metroid 2 Remake) dan Pokemon Uranium untuk menghapus filenya dari server mereka, kali ini mereka meminta situs Game Jolt — yang merupakan situs dimana para indie game developer dapat menampilkan dan membagikan karyanya ke umum — untuk menghapus 562 game/halaman yang menampilkan game yang menggunakan hak cipta dari Nintendo yang sebagian besar diantaranya menggunakan nama Mario, Pokemon, dan Zelda, seperti yang dapat kalian lihat disini.

Berbicara mengenai hak cipta memang membingungkan. Berdasarkan kalimat dari yang mengerti hukum, dikatakan kalau Nintendo membiarkan orang menggunakan hak cipta mereka dengan bebas maka akan dapat mengakibatkan Nintendo kehilangan hak ciptanya. Namun di sisi lain, para developer indie yang menggunakan nama Mario, Pokemon, Zelda ataupun lainnya yang merupakan hak cipta dari Nintendo, belum tentu menggunakannya untuk hal komersil dan bisa jadi hanya karena mereka saking sukanya ke game tersebut.