Mencoba Legrand Legacy, Game RPG Buatan Indonesia

Legrand Legacy Poster

Sudahkah kalian mendengar judul yang satu ini sebelumnya? Kalau belum, Legrand Legacy adalah sebuah game berjenis JRPG bernuansa gelap buatan asli Indonesia yang sudah lolos dari Steam Greenlight dan baru-baru ini meluncurkan penggalangan dana di Kickstarter.

Legrand Legacy sendiri menceritakan mengenai kisah seorang pemuda yang bernama Finn yang tiba-tiba dilempar ke dalam sebuah arena pertarungan hidup dan mati. Diluar dugaan ternyata Finn dapat memenangkan pertarungan tersebut dan pada akhirnya malah membuat para penjaga menjadi menyiksanya sampai ada orang baik yang mau membelinya. Kemudian Finn pun berkelana dalam sebuah petualangan bersama dengan orang yang membelinya itu.

Bukan RPG namanya kalau ketika berangkat keluar dari kota awal dengan tujuan untuk membereskan satu masalah tiba-tiba berubah menjadi harus menyelamatkan dunia. Hal yang sama juga tentunya terjadi disini, dari tugas sederhana untuk mengantarkan orang yang membelinya melewati padang pasir, ditengah perjalanannya Finn bertemu dengan orang-orang baru dan juga mengetahui mengenai bahaya yang mengancam dunianya.

Legrand Legacy Lawan Ashura

Dari segi visual, Legrand Legacy menghadirkan gambaran tangan yang indah untuk tampilan latar belakang yang digunakannya dan saya pun sangat menikmati kualitas gambar yang mereka sajikan.

Walaupun begitu, sayangnya saya merasa kurang pas dengan desain karakter yang mereka sajikan, seperti singa yang menggunakan bra dan rok (atau apapun itu) yang saya temukan di market atau bentuk dari karakternya sendiri. Namun berhubung hal tersebut tergantung dari preferensi yang memainkannya, maka pendapat yang diberikan pun akan berbeda.

Bicara mengenai karakter, Legrand Legacy menggunakan sistem yang berbeda dengan yang biasa ada pada game JRPG lainnya, dimana kalau di game JRPG biasa status karakter kalian akan meningkat secara otomatis seiring meningkatnya level karakter kalian. Pada Legrand Legacy, kalian lah yang harus meningkatkan secara manual status mana yang perlu dinaikkan untuk membuka skill tertentu (yang dinamakan Grimoire) jika karakter kalian memenuhi persyaratan status yang dibutuhkan, seperti yang biasa digunakan pada RPG gaya barat.

Legrand Legacy Status Karakter

Lalu seperti bagaimanakah gameplaynya?

Untuk sistem pertarungan yang digunakan, Legrand Legacy akan mengusung gaya turn-based dengan Quick Time Event (QTE) yang dinamakan dengan Action Circle Tempo (ACT). Yang berarti untuk mencapai damage optimal, kalian harus menekan tombol yang diminta dalam waktu tertentu. Bagi kalian yang pernah memainkan Lost Odyssey atau Shadow Hearts dulu, mungkin kalian sudah familiar dengan sistem tersebut. Hanya saja secara pribadi saya juga termasuk yang tidak suka dengan sistem QTE pada battle dan lebih menyukai yang berjenis biasa saja yang tanpa perlu QTE karena membuat konsentrasi jadi terfokus pada QTE tersebut dan bukannya melihat pertarungan beserta efeknya. Lebih baik lagi kalau ada fungsi auto battle seperti yang ada di Suikoden dan Breath of Fire 3.

Selain turn-based dan juga QTE, pada Legrand Legacy juga terdapat penggunaan item yang dimana kalian harus mendaftarkan barangnya terlebih dahulu agar dapat dipakai di dalam pertarungannya, AP untuk serangan khusus, penggunaan formasi, dan juga penggunaan elemen dan juga atribut serangan. Semua hal tersebut nantinya juga akan dijelaskan dengan baik pada tutorial yang diberikan di gamenya.

Menurut developernya sendiri nantinya Legrand Legacy juga akan menghadirkan sistem headquarters seperti yang ada pada Suikoden dimana kalian akan dapat merekrut bermacam NPC kedalam kastil kalian. Sayangnya masih belum diketahui akan seperti bagaimanakah fitur tersebut nantinya. Apakah headquartersnya akan meningkat sepadan dengan jumlah karakter yang bergabung atau kah mereka menggunakan sistem yang lain lagi? Entahlah. Semoga saja kita tidak diharuskan untuk merekrut 108 orang seperti yang ada di Suikoden.

Penasaran untuk mencobanya langsung? Kalau iya, maka langsung saja dicoba demonya lewat Gamejolt atau Steam. Lalu bagi kalian yang ingin mendukung game yang satu ini, maka jangan lupa untuk mengunjungi halaman Kickstarternya langsung.