Inilah Alasan Mengapa Hideo Kojima Memilih Bekerja Sama dengan Sony

kojima
Hideo Kojima

Kita sudah melihat trailer mengenai game perdana Kojima yang akan menjadi game ekslusif untuk PS4 setelah meninggalkan Konami yang dinamakan Death Stranding. Tapi apa sebenarnya alasan Kojima memilih Sony dan bukannya perusahaan lainnya?

Dalam wawancaranya dengan Gameblog pada sesi E3, Hideo Kojima mengatakan bahwa dirinya memang mendapatkan berbagai penawaran dari bermacam perusahaan. Tetapi karena ia ingin game pertamanya dalam kondisi yang terbaik, dan ia juga memiliki hubungan baik dengan Sony, maka Hideo Kojima memilih Sony.

Untuk judul pertama kami, saya ingin memastikan agar kami ada dalam kondisi yang terbaik. Saya sudah berbicara panjang dan memiliki hubungan baik dengan Sony, punya kepercayaan, dan juga mengijinkan saya untuk berkonsentrasi di sisi kreatif. Bekerja dengan partner lain tentunya akan lebih menyita waktu di hal-hal tambahan.

Sebagai contoh, kalau saya bekerja dengan perusahaan biasa, maka saat ini saya masih menyiapkan presentasi untuk game saya, mencari dana, dan menjelaskan apa yang akan kami lakukan sebagai Kickstarter.

Namun Sony, ketika saya menjelaskannya, mereka langsung mengatakan “langsung saja, lakukan yang perlu kamu lakukan.” Mereka memberikan kepercayaan mereka. Semua yang harus digunakan untuk persiapan sebuah proyek. Dan saya bisa fokus ke dalam proses pembuatannya. Ini yang memberikan perbedaan utama.

Selain itu Kojima juga mengatakan bahwa untuk saat ini dia masih mencari engine yang pas dan sudah membuat daftar pendek mengenai engine yang akan dicobanya nanti walau ia tidak mau menyebutkan nama.