Game Doom Bergaya Roguelike Buatan Fan Mendapatkan Teguran dari ZeniMax

Doomrl Ascii

Setelah lebih dari satu dekade sejak dirilis untuk pertama kalinya ke publik, akhirnya perusahaan induk dari id Software, ZeniMax Media, memberikan teguran kepada pembuat game DoomRL — Kornel Kisielewicz — untuk menghilangkan semua yang berkaitan dengan trademark yang dimiliki oleh ZeniMax dari situsnya sesegera mungkin atau bersiap-siap untuk dibawa ke meja hijau.

Dalam surat yang diterimanya, tampak kalau ZeniMax memintanya untuk menghapus semua trademark yang dimiliki oleh ZeniMax baik itu meta tag, keyword, media, atau berbagai tulisan baik yang terlihat atau tidak pada situs doom.chaosforge.org (yang berarti sama dengan semuanya) karena ZeniMax menganggap kalau penggunaan tanpa izin tersebut dapat membuat orang-orang mengira ZeniMax mendukung yang dilakukannya.

Surat Takedown Doomrl dari Zenimax

ZeniMax memang berhak melakukan apapun dengan hak intelektual yang dimilikinya. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa baru kali ini mereka mengirimkan surat teguran tersebut? Mengingat DoomRL sendiri sudah ada lebih dari 10 tahun yang lalu dan id Software juga sudah dibeli oleh ZeniMax sejak dari tahun 2009 yang lalu, seharusnya mereka sudah melayangkan suratnya bertahun-tahun lalu. Sayangnya tidak mungkin kita akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut langsung dari ZeniMax. Oleh karena itu hanya dapat berspekulasi saja tentang hal tersebut.

Merubah meta tag, keyword, sub domain, atau tulisan yang digunakan mungkin memang dapat dikatakan tidak susah. Namun, berhubung DoomRL menggunakan berbagai aset dari game DOOM sendiri, maka akan membutuhkan waktu sebelum DoomRL dapat muncul kembali ke umum selagi pembuatnya merubah berbagai aset tersebut atau mungkin saja perjalanan dari DoomRL akan berakhir sampai disini seperti yang terjadi sebelumnya juga dengan Pokemon Uranium atau Another Metroid 2 Remake (AM2R). Entahlah, hanya pembuatnya sendiri yang bisa menjawabnya. Dan sejauh ini Kisielewicz masih belum melakukan perubahan pada situsnya.

Selain dari DoomRL, Kisielewicz juga menjadi orang yang berada dibelakang dua buah judul game fan made berjenis roguelike yang bernama AliensRL dan juga DiabloRL, yang seperti kalian ketahui, kedua nama tersebut juga dimiliki oleh perusahaan besar sama seperti ZeniMax, yang berarti bisa saja suatu saat dia akan diserang lewat dua judul game lainnya tersebut.

Walaupun begitu, tidak semua yang dia buat hanya merupakan game fan made saja. Karena pada saat ini sendiri, Kisielewicz sedang meluncurkan sebuah Kickstarter untuk gamenya yang berjudul Jupiter Hell, yang juga sama mengusung gaya roguelike.

Jupiter Hell Screenshot