EA Bilang Kalau Semua Game Mereka Dikembangkan untuk High-end PC Baru Disesuaikan untuk Konsol

Kuda Lompat di Battlefield 1

Siapa yang sangka kalau proses pengembangan yang dilakukan oleh EA ternyata ditujukan untuk PC kelas atas terlebih dahulu sebelum kemudian disesuaikan untuk versi konsolnya, seperti yang dikatakan oleh Chief Financial Officer untuk EA, Blake Jorgensen.

Sudah merupakan hal yang umum kalau kita mendengar mengenai game konsol yang kemudian diport untuk PC. Namun berbicara pada acara UBS Global Technology Conference, Blake Jorgensen mengungkapkan kalau EA selalu menargetkan PC dengan spesifikasi tinggi, yang kemudian dilanjutkan dengan menurunkan kualitasnya hingga sesuai dengan konsol tujuannya.

Pernyataan itu sendiri diucapkan ketika mereka sedang berdiskusi tentang fleksibilitas EA ketika dihadapi dengan siklus konsol nantinya. Bagi yang mengikuti dunia gaming mungkin sudah mengetahui kalau sekarang ini siklus konsol mulai berubah, dimana konsol akan mendapatkan upgrade atau peningkatan pada pertengahan masa konsol tersebut, seperti yang terjadi pada PS4 Pro dan Xbox Scorpio, dan EA sudah siap untuk menghadapi perubahan tersebut salah satunya dengan memindahkan berbagai game mereka menjadi menggunakan satu engine yang sama, yaitu Frostbite.

Penggunaan satu engine untuk semua game mereka tentunya akan lebih baik dari segi keuangan. Namun sisi positifnya tidak hanya sampai disitu saja, karena dengan berkonsentrasi kepada satu buah engine mereka akan dapat saling membantu studio yang lain yang tentunya akan meningkatkan produktifitas, berbeda dengan yang terjadi selama ini dimana mereka hanya bergerak masing-masing. Seperti yang terjadi pada game terbaru mereka, FIFA 17, dimana tim dari BioWare yang sudah sangat akrab dengan membuat alur cerita yang menarik, membantu membuat alur cerita untuk FIFA 17.

Selain dari hal tersebut, pada kesempatan yang sama Jorgensen juga mengatakan kalau EA saat ini juga sedang berinvestasi untuk membuat game yang lebih baik lagi, baik itu dari segi grafis, cerita, gameplay, dan juga layanan langsungnya. Dimana tujuan mereka adalah untuk membuat gamer memainkan game mereka selama mungkin, daripada hanya bermain untuk beberapa waktu dan kemudian pindah ke game lain.

Semoga saja dengan pernyataan mereka tersebut berarti mereka akan menghadirkan berbagai judul menarik dari seri EA Sports mereka seperti UFC dan NHL ke PC, dan bukannya hanya sebuah kalimat yang dilontarkan untuk PR saja.

[PCGamer/DualShockers]