Baru Diumumkan Beberapa Hari Lalu, Nintendo Switch Sudah Mendapatkan Kritik Pedas!

Hanya selang beberapa hari sejak detail dari Nintendo Switch diumumkan ke publik, berbagai kritik pedas sudah dilontarkan terhadap konsol terbaru dari Nintendo tersebut, baik dari segi layanan online, baterai, tempat penyimpanan yang kecil, judul game yang tidak menarik dan tidak disertakannya game ke dalam paket konsolnya.

Game Gratis! Untuk Waktu Tertentu

the Flintstones Snes

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Nintendo Switch nantinya juga akan memiliki layanan online berbayar layaknya Xbox ataupun PlayStation. Nah, bagi kalian-kalian yang pernah menggunakan layanan tersebut, tentunya kalian juga sudah mengetahui kalau para anggota Xbox Live Gold atau PlayStation Plus suka mendapatkan game gratis setiap bulannya. Dan selama kalian membayar layanan tersebut kalian akan bisa memainkan gamenya.

Namun, hal yang berbeda terjadi pada Nintendo Switch karena mereka memilih untuk mencabut kembali game “gratisan” yang diberikan setelah sebulan berlalu. Bagi yang tertarik untuk memainkannya kembali, maka kalian harus bersiap untuk merogoh kantong kalian untuk membelinya. Seperti yang tertulis di situs Nintendo dan lewat interview langsung.

Subscribers will get to download and play a Nintendo Entertainment System™ (NES) or Super Nintendo Entertainment System™ (Super NES) game (with newly-added online play) for free for a month.

Hal tersebut mungkin bukan sebuah masalah andaikata Nintendo merupakan satu-satunya konsol yang menawarkan fitur online. Namun, melihat dari PS Plus dan Xbox Live Gold yang menawarkan game gratis secara permanen dan ditambah judul-judul game yang diberikan juga dapat dibilang lebih menarik jika dibandingkan dengan tawaran dari Nintendo yang akan memberikan dari NES dan SNES yang ditambah fitur online play, maka yang dilakukan oleh Nintendo pun tampak terkesan pelit.

Itulah yang mengakibatkan orang-orang kecewa. Tetapi banyak yang berkata kalau opini mereka tersebut dapat berubah andaikata harga yang dipasang oleh Nintendo untuk layanan onlinenya nanti dapat dikatakan murah.

Baterai Tidak Tahan Lama

Nintendo Switch Console Warna Orange Biru

Sebagai sebuah konsol hybrid yang mengusung fitur portable untuk dapat dibawa kemana-mana, tidak sedikit kalau yang membelinya berharap agar konsol tersebut dapat digunakan di luar rumah dalam waktu lama. Hal itulah yang tampaknya banyak membuat orang kecewa karena daya tahan baterai Nintendo Switch sendiri tidak berbeda jauh dengan konsol portable sebelumnya — 3DS ataupun 3DS XL — yang menawarkan 3 hingga 6 jam waktu pemakaian, tergantung dari game yang dimainkan.

Menurut Nintendo sendiri, The Legend of Zelda Breath of the Wild nantinya akan dapat dimainkan sekitar 3 jam saja ketika dalam mode portable.

Walaupun begitu Nintendo mendapatkan pujian atas kekuatan baterai untuk controller-nya, seperti Joy-Con yang dikatakan akan dapat bertahan hingga 20 jam dengan 3 jam 30 menit untuk waktu charge. Sedangkan Pro Controller dapat bertahan hingga 40 jam dengan waktu charge 6 jam.

Daya Tahan Baterai Joy Con

Ruang Penyimpanan yang Kecil

Cartridge Nintendo Switch

Di zaman sekarang ini banyak game yang membutuhkan ruang penyimpanan yang dapat dikatakan besar, baik itu untuk game yang diunduh secara digital ataupun untuk DLC dan berbagai konten lainnya. Maka sudah sewajarnya kalau konsol menawarkan tempat penyimpanan yang besar untuk internal dan memberikan kemudahan penambahan media penyimpanan external juga.

Hal yang berbeda kembali dilakukan Switch, karena Nintendo memutuskan untuk menawarkan storage yang dapat dikatakan kecil, yaitu internal storage dengan kapasitas 32GB saja (ukuran yang dapat digunakan kurang dari itu karena dipakai oleh sistemnya).

Memang Nintendo Switch mendukung MicroSDXC hingga 2TB, namun andaikata ukuran sebesar itu dapat dibeli oleh publik sekarang-sekarang ini, entah siapa yang mau membelinya selain dari orang yang berkantong tebal sekali, melihat harga Micro SD berkapasitas 128GB saja sudah berada di atas 500 ribu rupiah. Untuk saat ini.

Walaupun begitu kita masih harus menunggu sebelum dapat memberikan penilaian lebih jauh lagi karena untuk saat ini masih belum diketahui seberapa besarkah konten-konten seperti update, DLC, dan berbagai hal lainnya yang diberikan nantinya. Satu hal yang mungkin dapat dikatakan pasti, Zelda Breath of the Wild membutuhkan ruang sekitar 13.4GB.

Selain itu ada rumor juga yang mengatakan kalau Nintendo mungkin akan menambah dukungan HDD External via USB nantinya. Namun itu hanya berupa rumor saja dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Judul Game yang Tidak Menarik

Ilustrasi Zelda Breath of the Wild

Sudah melihat daftar game Nintendo Switch? Kalau sudah tentunya kalian melihat kalau banyak judul yang dihadirkan untuk Nintendo Switch adalah judul-judul yang sudah beredar sejak lama di platform lain. Sedangkan untuk judul-judul baru, banyak game yang masih belum diketahui kapan kehadirannya atau masih lama.

Game yang dikatakan akan hadir pada bulan Maret saat Switch dirilis adalah:

  • 1-2-Switch
  • Just Dance 2017
  • Skylanders Imaginators
  • The Legend of Zelda Breath of the Wild
  • Super Bomberman R
  • Has Been Heroes
  • I am Setsuna
  • Snipperclips

Nama Zelda dan Bomberman pastinya bukan sesuatu yang asing lagi bagi para pengguna Nintendo, namun selain dari kedua judul tersebut, sayangnya judul-judul lainnya bukanlah judul-judul yang dapat membuat orang langsung berkata “WAH” ketika mendengarnya. Apalagi dari beberapa judul yang tertera tersebut, beberapa sudah keluar dari jauh-jauh hari di platform lain. Ditambah lagi Zelda BotW juga akan hadir di Wii U.

Sudah judul game ketika launching nanti dianggap kurang, Nintendo kemudian memutuskan untuk tidak menyertakan game ke dalam paketan konsolnya.

Alasannya? Untuk menjaga harganya berada di bawah 300 dollar Amerika.

Untuk alasan itulah mereka akhirnya memutuskan untuk tidak menyertakan game ke dalamnya, padahal banyak yang beranggapan kalau seharusnya game 1-2-Switch sendiri dimasukkan ke dalam paket seperti yang dilakukan dengan Wii Sports dahulu karena kemiripan dari kedua produk tersebut, yaitu menampilkan fitur unggulan dari konsol tersebut.

Berhubung ini adalah opini yang beredar di internet dari bermacam orang yang bersifat subyektif, tentunya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Yang kita bisa harapkan adalah semoga Nintendo Switch nantinya tidak berakhir seperti Wii U. Semoga saja. Atau cukup dengan hadirkan Zelda dan Mario ke PC secara resmi ( ͡° ͜ʖ ͡°).