Dishonored 2 PC Bermasalah, Bethesda Memberikan Beberapa Tips

Karakter Dishonored 2

Bagi para pembeli yang memesan secara pre-order, Dishonored 2 sudah keluar sehari lebih dahulu. Namun sayangnya tidak semua yang sudah mencobanya puas dengan yang mereka mainkan, karena ternyata game ini mempunyai masalah dari segi performa.

Dari berbagai laporan pengguna yang mengalami masalah performa pada PC-nya, banyak yang mengatakan kalau mereka melihat FPS yang naik turun secara drastis walau mereka menggunakan spesifikasi PC yang tinggi dan sudah mencoba merubah-rubah preset yang disediakan gamenya.

Menurut PCGamer, game ini sendiri sebenarnya solid kalau dimainkan pada spesifikasi PC yang tinggi (GTX 1070, i5-6600) bahkan untuk resolusi 1440p, namun jika menggunakan spesifikasi PC minimum hingga menengah atas seperti yang tertera pada spesifikasi PC untuk Dishonored 2 — termasuk untuk pengguna GTX 970 sekalipun  — maka masalah performa akan timbul.

Selain dari masalah fps yang naik turun, beberapa pengguna juga mengatakan kalau mereka mengalami masalah pada mouse sensitivity, dimana pada suatu bagian sensitivitas dari mouse menjadi lambat sekali, dan seketika berubah menjadi sangat cepat yang tentunya dapat merusak kenyamanan ketika bermain.

Bethesda sendiri mengakui kalau saat ini mereka sudah mengetahui mengenai masalah yang dialami pengguna, sayangnya untuk mereka masih belum bisa memberikan kepastian mengenai kapan mereka akan merilis update untuk Dishonored 2. Walaupun begitu, mereka sudah meluncurkan tips yang dapat dicoba pengguna untuk meningkatkan performa Dishonored 2, seperti mengurangi setting visual, jangan menekan alt+tab ketika bermain, update driver terbaru, dan lain-lainnya seperti yang dapat kalian lihat di bawah ini:

General recommendations

  • Avoid using Alt-Tab when playing. Relaunch the game if you see performance dropping after using Alt-tab.
  • Avoid having background applications running in addition to the game.

Video Settings

  • If you have performance issues, try lowering the resolution.
  • Use 1440p resolution only if you have a very high-end GPU ( GTX 1070/1080 or equivalent)
  • Keep the V-Sync activated, especially if you have large framerate fluctuations.
  • If you have framerate under 30 fps, adjust the “Adaptive Resolution” between minimum (50%) and default value (75%).

Advanced Settings

  • Use the “Auto” presets:  this should adjust your visual settings without impacting your framerate.
  • If you still have performance issues with “Auto” presets:
  • Try deactivating the “TXAA Anti-Aliasing”
  • Try lowering the texture details

Selain dari hal di atas, ada juga hal lain yang ditemukan oleh para pengguna lainnya yang mungkin dapat kalian coba andaikata kalian masih mengalami masalah performa untuk Dishonored 2, seperti:

  • Mencoba menaikkan process priority untuk Dishonored 2 menjadi ke normal dari low menggunakan program yang dapat mengunci process priority secara permanen seperti Process Lasso atau Prio, karena Dishonored 2 termasuk genit karena suka merubah process priority-nya menjadi low lagi dalam waktu yang tak bisa diperkirakan.
  • Untuk masalah mouse sensitivity, ada yang mengatakan kalau mematikan Mouse Smoothing dengan merubah file konfigurasi yang ada di C:\Users\[Nama User]\Saved Games\Arkane Studios\Dishonored2\base pada bagian g_mouseSmooth dari 1 menjadi 0, dapat membantu masalah mouse yang ada.

Untuk selebihnya tentu saja kita hanya bisa menunggu Bethesda merilis update terbarunya.

Kalau melihat akun Twitter dari developernya sendiri yang sangat aktif menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, semoga saja hal tersebut menjadi sebuah indikasi yang bagus dan berbeda dengan developer lain yang kalau ada masalah langsung diam saja dan tidak mau merespon sama sekali.