Dikasih Nilai Kurang, Square Enix Akan Menghentikan Pemberian Review Copy ke Salah Satu Situs Game Spanyol

Final Fantasy 15 Luna

Final Fantasy XV sudah dirilis dari seminggu yang lalu. Bersamaan dengan itu tentunya review mengenai game yang sudah dinanti-nantikan tersebut juga bertebaran di internet, dan sejauh ini nilai rata-rata yang didapatkan adalah 83. Sebuah nilai yang terbilang bagus.

Namun, berhubung review bukanlah sebuah ilmu pasti yang akan memberikan hasil yang sama pada setiap yang menilainya, maka tentunya nilai yang diberikan juga akan berbeda-beda. Sayangnya, hal itulah yang menjadi awal dari permasalahan untuk sebuah situs game Spanyol — AreaJugones — yang memberikan nilai 7.5 pada review mereka untuk Final Fantasy XV dan dianggap kurang oleh Square Enix/Koch Media.

Akibat dari hal tersebut? Seperti yang tertera di judul tulisan ini, mereka mendapatkan telepon dari perwakilan Koch yang kemudian mengatakan kalau mereka (Square dan Koch) tidak akan mengirimkan review copy lagi dari game-game keluaran mereka karena nilai yang diberikan oleh AreaJugones lebih kecil dari nilai rata-rata yang ada di Metacritic dan berbagai media di Spanyol lainnya. Sebagai catatan, Koch Media adalah perusahaan yang menangani PR dan marketing untuk Square Enix pada beberapa negara di Eropa, termasuk Spanyol.

Praktek blacklist akibat dari nilai review yang tidak memuaskan seperti yang terjadi pada kasus di atas sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Situs besar sekelas Gamespot pun pernah mengalaminya (walaupun beda efek sesudahnya). Dimana pada tahun 2007 ada reviewer Gamespot yang harus kehilangan pekerjaannya akibat memberikan nilai yang dianggap kurang untuk game Kane & Lynch: Dead Men.

Hal yang serupa juga terjadi pada Kotaku, dimana mereka pun secara tidak tanggung-tanggung, mendapatkan blacklist dari dua buah publisher besar, yaitu Bethesda dan Ubisoft. Walaupun blacklistnya terjadi akibat hal lain, yaitu membocorkan Fallout 4 dan Assassin’s Creed Unity yang kala itu masih dirahasiakan.

Terlepas dari benar atau tidaknya dari yang dikatakan AreaJugones kepada Kotaku, sebagai pembaca kita tetap harus berhati-hati dalam melihat nilai dari sebuah review, karena nilai sebuah review dapat ditentukan dari berapa jumlah yang masuk ke kantong tempat penulisnya bekerja. Mau dicoba dikonfirmasi dengan cara bagaimanapun ke publishernya, jawabannya sudah dapat ditebak, karena siapa pula yang mau ngaku andaikata memang benar salah juga.

[Kotaku]