Developer No Man’s Sky Akhirnya Angkat Bicara

No Mans Sky bocor dipasaran

Sejak keluar untuk pertama kali pada bulan Agustus lalu, berita mengenai No Man’s Sky seakan tidak ada habisnya. Tiap bulan selalu ada saja berita baru mengenai game yang berhasil mengecewakan orang banyak atas janji-janji palsu yang dibuatnya.

Dari performa yang sangat buruk ketika dirilis, jumlah pemain yang turun drastis hingga 90%, banyaknya orang yang meminta uang kembali, strategi marketing yang dikritik oleh bos Sony langsung, badan iklan yang sampai harus memeriksa iklan yang mereka pakai, akun Twitter No Man’s Sky yang terkena hack pada akhir Oktober lalu, hingga sifat membisu mereka yang memilih tidak mau merespon terhadap berbagai tuduhan yang dilontarkan langsung, tampak lengkap sudah berbagai hal yang membuat Hello Games dicap buruk oleh banyak orang.

Lama tak terdengar kabar yang berarti langsung dari mulut Hello Games, akhirnya Hello Games mengeluarkan pengumuman baru mengenai game No Man’s Sky mereka, dimana pada pengumuman terbarunya mereka mengatakan kalau dalam 9 minggu sejak mereka mengumumkan update terakhirnya, mereka sudah bekerja keras untuk membuat sebuah update terbaru untuk No Man’s Sky yang akan diberi nama Foundation Update. Sebuah update yang walaupun bukan yang akan menjadi yang terbesar, namun akan menjadi sebuah awal dari sesuatu dengan memasukkan unsur base building ke dalam gamenya.

Untuk saat ini sayangnya Hello Games masih belum memberikan detail lebih lanjut mengenai seperti bagaimana base building yang akan hadir Foundation Update tersebut nantinya, selain dikatakan kalau update tersebut akan meluncur sesegera mungkin.

Berhubung sudah banyak sekali pemain No Man’s Sky yang sudah dikecewakan sebelumnya, tentu saja respon yang diberikan terhadap update terbarunya ini lebih condong ke arah negatif karena banyak orang menganggap Hello Games tidak mengerti yang sebenarnya diminta oleh para pembeli gamenya, seperti fitur multiplayer. Terlebih lagi, game ini sendiri adalah game eksplorasi dimana para pemainnya akan sering berpindah dari satu planet ke planet lainnya dan bukannya untuk berdiam di sebuah planet dengan membangun sebuah markas. Ditambah dengan susahnya untuk kembali ke planet yang sebelumnya dikunjungi, maka fitur membangun yang ditawarkan tampak tidak menarik.

Selain dari hal tersebut, banyak dari keluhan yang dilontarkan juga mengatakan kalau Hello Games sudah terlalu telat untuk menghadirkan update untuk game yang sekarang ini hanya dimainkan oleh kurang dari 800 pemain per-harinya, jauh berbeda dengan ratusan ribu pemain yang memainkannya ketika baru diluncurkan. Seperti dari salah satu komentar yang mengatakan kalau fondasi itu dibuat sebelum membangun rumah dan bukannya setelah dibangun.

Terlepas dari suka atau tidaknya para pemain atau mantan pemain No Man’s Sky dengan update yang diberikan kali ini, kita perlu memberikan acungan jempol untuk Hello Games karena mereka tampak masih mengurusi No Man’s Sky dengan mengeluarkan update dan bukannya langsung kabur begitu saja.