Denuvo Dihilangkan pada Update Terbaru untuk INSIDE

Inside Game

Kalau sekarang ini banyak publisher atau developer yang menggunakan Denuvo untuk melindungi game ciptaannya dari para pembajak, developer indie Playdead malah memutuskan untuk menghilangkan Denuvo di game buatan mereka yang bernama INSIDE pada update terbarunya.

Playdead sendiri tidak memberitahu secara langsung alasan dari penghapusan Denuvo pada INSIDE ini, tetapi dapat diperkirakan langkah ini mereka tempuh dikarenakan INSIDE baru saja dirilis di GOG beberapa hari lalu, dan seperti yang sudah kita tahu, GOG hanya menjual game yang tidak menggunakan DRM sama sekali.

Terlebih lagi, game INSIDE sendiri sudah berhasil dijebol secara sepenuhnya oleh CPY dan juga termasuk game yang masuk ke dalam daftar bypass exploit yang muncul pada Agustus lalu. Apabila skema harga Denuvo yang beredar di umum benar, dimana Denuvo juga tersedia lewat per-unit pricing yang berguna bagi developer indie, maka memang wajar saja kalau mereka memutuskan untuk menghilangkan Denuvo untuk menambah margin keuntungan mereka, wong gamenya sendiri sudah beredar sejak lama di berbagai situs bajakan yang ada.

Walaupun begitu langkah yang diambil oleh Playdead ini bukanlah yang pertama karena sudah banyak publisher/developer game-game sebelumnya yang juga menghilangkan DRM yang digunakan pada update yang diberikan nantinya, termasuk juga untuk publisher sekaligus developer yang sekarang ini sedang dicintai oleh banyak gamer, CD Projekt Red, yang dulu juga menggunakan DRM yang dinamakan Tages pada game Witcher mereka yang kemudian dihapus lewat update.

Sejauh ini tampak kalau respon yang diterima akibat langkah ini tampak positif. Lalu apakah dengan menghilangkan Denuvo jumlah penjualan mereka akan meningkat? Untuk saat ini sayangnya jawaban untuk pertanyaan itu masih belum diketahui.