Death Stranding dan Mass Effect Andromeda Rilis Trailer Baru untuk The Game Awards

Death Stranding dan Mass Effect Andromeda di the Game Awards 2016

Bagi yang mengikuti perkembangan dari dunia game tentunya sudah mengetahui dari jauh-jauh hari kalau dua buah judul besar yang sudah dinanti-nantikan — Mass Effect Andromeda dan Death Stranding — akan merilis sebuah trailer baru pada acara The Game Awards. Sekarang, The Game Awards telah berakhir, dan bersamaan dengan itu pun kita mendapatkan yang sudah kita tunggu-tunggu, yaitu update terbaru untuk kedua judul tersebut.

Apa yang ada dibenak Anda ketika Anda melihat trailer dari Death Stranding untuk pertama kalinya? Kalau Anda menjawab tidak mengerti maka Anda tidak sendiri, karena tidak sedikit orang yang menjawabnya begitu. Spekulasi yang beredar saat itu pun mengatakan kalau tali pusat yang ditampilkan pada trailer itu tampak seolah Kojima baru dilahirkan kembali, setelah keluar dari Konami. Entah apa jawaban sebenarnya, kita sebagai gamer hanya bisa melakukan spekulasi saja dan tidak akan tahu apa yang sebenarnya ada dipikiran Kojima.

Sekarang, hampir 6 bulan setelah dia merilis trailer pertamanya, Kojima Productions kembali merilis sebuah trailer baru. Sayangnya, sama seperti trailer sebelumnya, saya sendiri masih belum dapat mengetahui apa yang terjadi di dalam Death Stranding (dan Kojima pun tidak menjelaskan sama sekali mengenai yang ditampilkannya kali ini juga). Selain dari adanya tengkorak atau mungkin makhluk undead yang dapat dikendalikan yang memang terlihat langsung, maksud ataupun tujuan dari berbagai hal lainnya, seperti bayi yang ditampilkan (yang seolah-olah sangat dijaga sekali) masih merupakan tanda tanya. Satu hal yang pasti, pada trailer terbarunya ini Kojima menampilkan Mads Mikkelsen, aktor dari serial TV yang berjudul Hannibal.

Lalu bagaimana dengan kabar Mass Effect Andromeda? Mirip dengan Death Stranding yang terkesan misterius, Mass Effect Andromeda juga sama saja. Yang membedakannya adalah jika Death Stranding menampilkan trailer yang tampak misterius, kalau Mass Effect Andromeda segi misteriusnya datang karena BioWare tampak menjaga ketat atau memang lambat dalam memberikan informasinya, mengingat game ini sendiri diumumkan pada bulan Juni 2015 lalu. Dan sekarang akhirnya kita akan dapat melihat trailer gameplay yang menampilkan lebih banyak hal yang ada nantinya jika dibandingkan dengan trailer sebelumnya.

Melihat dari trailer gameplay yang ditampilkan, saya merasa kalau dunia yang ditampilkan pada trailer tersebut mirip seperti yang ada di Dragon Age Inquisition. Setidaknya, itulah yang pertama kali terbayang dalam pikiran saya. Sebuah dunia terbuka yang luas dimana para pemainnya akan bisa menjelajahi dunia tersebut dengan semaunya. Tentu saja hal tersebut mungkin akan menjadi sesuatu yang negatif atau positif tergantung dari apakah pemain tersebut suka dengan game bergaya open-world atau tidak.

Walaupun gameplay yang ditampilkan tampak menarik (berhubung saya sendiri merupakan penggemar game berjenis open-world), sayangnya animasi yang digunakan untuk raut wajahnya tampak aneh. Seperti yang terjadi ketika karakter utama wanita yang merebut senjata yang raut wajahnya tampak seperti tersenyum terus. Entah apa BioWare akan memperbaikinya sebelum gamenya dirilis nanti atau tidak.

Mass Effect Andromeda direncanakan untuk dirilis pada kuarter pertama tahun 2017 mendatang untuk PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Sedangkan untuk Death Stranding, sayangnya masih belum ada kabar mengenai tanggal rilisnya.