China Akan Memaksa Publisher Game Online untuk Menyebutkan Probabilitas dari Gacha Box

Overwatch Loot Box

Box setan. Itulah nama yang pantas untuk diberikan kepada loot box, gacha box, dst. yang banyak hadir di game online sekarang-sekarang ini yang dapat membuat satu pihak menjadi bahagia dan pihak lainnya sengsara, dikarenakan perbedaan tingkat keberuntungan yang dimiliki.

Terlepas dari apakah kalian termasuk ke dalam kaum yang beruntung atau tidak, tentunya ada diantara kalian yang berharap agar publisher game tersebut mau menyebutkan menyebutkan berapa persentase/probabilitas dari barang yang akan dikeluarkan oleh loot box/gacha box sehingga kalian dapat mengambil keputusan lebih pas sehingga dompet pun lebih aman.

Coba bayangkan, ada suatu barang yang sudah kalian harapkan dan kalian sudah mengeluarkan banyak sekali uang bahkan hingga berjuta-juta rupiah untuk mendapatkannya. Namun sayangnya, walaupun kalian sudah mengeluarkan banyak sekali uang, barang yang kalian inginkan itu tak kunjung nongol juga. Tentunya perasaan sedih dan kesal bercampur aduk bukan?

Nah tetapi bagaimana kalau kalian mengetahui terlebih dahulu kalau barang yang kalian inginkan itu hanya akan keluar dengan kemungkinan 0.5% saja atau lebih parah lagi 0.01% saja? Apakah kalian mau mencobanya juga setelah mengetahui hal tersebut? Tentu saja akan ada yang tetap ngotot mencobanya, namun kalau sudah begitu ya berarti salah sendiri.

Aturan ini sendiri sudah diberlakukan di Jepang beberapa tahun yang lalu karena banyak pembeli yang protes akibat tidak mendapatkan yang mereka mau walau sudah mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Dan kali ini tampaknya China ingin mengikuti jejaknya, yaitu dengan mewajibkan para publisher game online untuk menampilkan kemungkinan/probabilitas dari barang yang ada di loot box atau gacha box tersebut.

Hanya saja, berhubung hal tersebut hanya berlaku untuk game yang ada di China, maka publisher game internasional bisa saja melakukan perubahan khusus untuk negara China, namun disaat yang sama menyajikan hal yang berbeda (baca: drop rate kecil) untuk negara-negara lainnya, karena menampilkan rate 0.001% pada barang langka yang terdapat di gacha box tersebut tentunya tidak akan menggoda bagi calon pembeli.

Selain itu, jangan lupa juga, selama tidak ada pengecekan rutin untuk memastikan aturannya tersebut dilakukan, publisher tetap bisa main curang dengan menampilkan angka besar pada rate yang ditampilkan, tetapi dibelakang layar mereka menggunakan berbagai macam kondisi yang tidak dapat diketahui. Walaupun begitu, langkah yang ditempuh China tersebut merupakan sebuah langkah yang bagus untuk menjaga agar publisher bermain secara adil dengan para pemainnya.

[NeoGAF]