BioWare Jelaskan Kenapa Mereka Membuang Sistem Paragon dan Renegade di Mass Effect Andromeda

Karakter di Mass Effect Andromeda

Pada bulan Juni lalu kita sudah mengetahui bahwa Mass Effect Andromeda akan merubah sistem Paragon dan Renegade yang digunakan dan tidak akan hanya hitam atau putih saja seperti yang terjadi pada trilogi Mass Effect sebelumnya. Dan sekarang, sebulan sebelum gamenya dirilis ke publik, BioWare menjelaskan mengapa.

Berbicara kepada majalah resmi untuk Xbox, Creative Director untuk Mass Effect Andromeda, Mac Walters, mengatakan bahwa alasan mereka menghilangkan Paragon dan Renegade pada seri terbarunya ini adalah karena sistem tersebut terasa terlalu Shepard dan benar-benar terkait ke Shepard. Dan berhubung Shepard sudah tidak ada lagi di Mass Effect Andromeda, maka tidak masuk akal kalau mereka harus menggunakan sistem yang lama di judul terbarunya ini.

Jadi apakah gantinya? Nah, sistem terbarunya ini lebih ke arah setuju atau tidak setuju. Berbeda dengan Paragon dan Renegade dimana kalian memilih untuk bertingkah laku seperti malaikat atau seperti preman (atau orang yang tidak sopan tergantung dari cara pandang kalian).

Alasan dari sistem setuju dan tidak setuju ini adalah karena mereka menganggap sistem baru ini lebih pas digunakan agar para pemainnya lebih terlibat dalam apa yang terjadi di gamenya dan bukannya hanya memilih berdasarkan pilihan moral mana yang baik atau buruk saja.

Selamat Tinggal Paragon Renegade Mass Effect

Selain dari hal tersebut, Mac Walters juga mengatakan bahwa nantinya tiap karakter akan dapat mengekspresikan dirinya dalam 4 nada bicara yang berbeda. Namun tergantung dari situasi, nada bicara tersebut dapat berkurang menjadi hanya 2 pilihan nada bicara saja.

Mass Effect Andromeda akan dirilis untuk PC, PlayStation 4, dan Xbox One pada tanggal 21 Maret 2017 mendatang. Namun bagi kalian para pengguna PC yang tertarik untuk membelinya versi digitalnya, perlu diingat bahwa Mass Effect Andromeda hanya akan ada di Origin kepunyaan EA dan tidak akan ada di Steam, seperti yang sudah diungkapkan oleh Lead Designer-nya langsung.

[GamesRadar]