Bethesda Menghapus Denuvo pada Update Terbaru DOOM

Doom Hapus Denuvo Update

Setelah sebelumnya developer Playdead menghapus Denuvo untuk game mereka yang berjudul INSIDE, kali ini Bethesda pun tampak mengikuti langkah yang dilakukan oleh pendahulunya tersebut. Yaitu, menghilangkan Denuvo bersamaan dengan update untuk gamenya.

Berbeda dengan yang dilakukan oleh Playdead sebelumnya dengan mengumumkannya secara langsung, Bethesda dan id Software lebih memilih untuk melakukannya secara diam-diam saja dan tidak memberitahukan sama sekali kalau mereka telah menghilangkan Denuvo di update terbaru DOOM yang baru saja keluar.

Spekulasi yang beredar mengatakan kalau Bethesda melakukan hal tersebut dikarenakan game DOOM sendiri memang sudah dijebol dari jauh-jauh hari. Malahan DOOM adalah game pertama yang tumbang lewat celah pada demo yang diberikan dan kemudian dimanfaatkan oleh para pembajak.

Walaupun celahnya diperbaiki dalam waktu beberapa hari saja, namun bagi yang sudah mengaktivasi gamenya terlebih dahulu, para pembajak tersebut akan tetap dapat memainkannya secara offline, setidaknya sampai Denuvo meminta untuk memverifikasi kembali. Tetapi, tidak lama setelah kejadian tersebut, proteksi Denuvo yang digunakan oleh DOOM berhasil dijebol secara penuh oleh CPY.

Namun, ada juga spekulasi lain yang mengatakan kalau Bethesda melakukan hal tersebut dikarenakan mereka hanya ingin melindungi gamenya selama beberapa bulan setelah gamenya dirilis karena pada saat-saat itulah biasanya angka penjualan berada pada angka tertingginya (termasuk juga dengan harganya yang belum terkena diskon besar). Setidaknya itulah yang diklaim oleh para publisher.

Menurut saya sendiri, menghilangkan proteksi setelah beberapa bulan itu merupakan sesuatu yang wajar saja, karena pada akhirnya para pembeli aslinya tidak perlu khawatir andaikata server Denuvo ditutup suatu saat karena suatu alasan, mereka akan tetap bisa memainkan gamenya. Disisi lain, bagi yang sudah ngebet dan tidak mau keluar duit (baca: pembajak), maka harus siap menerima untuk jamedud dulu hingga waktu yang tak dapat ditentukan sampai bajakannya keluar, karena kalau mereka memang tidak mau bayar, mau sampai kapan juga mereka tidak akan mau mengeluarkan duitnya walau diskon besar sekalipun.

Berhubung semua itu hanyalah spekulasi, maka tentu saja aturan standar tentang jangan terlalu menganggapnya serius berlaku penuh disini.

[NeoGAF]