Bethesda Baru Akan Memberikan Review Copy ke Media 1 Hari Sebelum Gamenya Dirilis, Terus Kenapa Jadi Heboh?

Skyrim Special Edition Town

Kalau kalian termasuk yang penasaran dengan review dari Skyrim Special Edition atau Dishonored 2, tampaknya kalian harus sedikit bersabar sebelum kalian dapat melihat review dari Skyrim remaster tersebut, karena Bethesda mengumumkan kalau mereka akan melanjutkan gaya mereka yang baru akan mengirimkan review copy ke media satu hari sebelum gamenya dirilis seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya dengan DOOM.

Lalu apakah alasan dari keputusan tersebut? Ternyata alasan mengapa Bethesda mengambil keputusan tersebut adalah agar semua yang ingin merasakannya (termasuk dengan media), dapat merasakannya secara bersama-sama.

Tentu saja keputusan tersebut menghasilkan reaksi yang beragam termasuk dari saya sendiri pada tulisan ini, karena seperti yang sudah terjadi sebelumnya kalau ada game yang tidak mau memberikan review copy dari jauh-jauh hari atau malah tidak mau memberikan review copy sama sekali, biasanya merupakan sinyal kalau ada sesuatu yang buruk di game tersebut.

Bagi yang meyakini kalau sebuah game yang tidak mengirimkan review copy untuk direview dari jauh-jauh hari biasanya menyembunyikan sesuatu, entah itu masalah performa atau bermacam permasalahan lainnya, maka keputusan Bethesda tersebut secara otomatis sudah membuat mereka menganggap kalau gamenya akan bermasalah nantinya.

Namun apakah benar begitu? Entahlah, tak ada yang tahu kecuali yang sudah mencobanya. Tetapi satu hal yang pasti, DOOM yang juga membagikan review copy kepada media sehari sebelum dirilis, mendapatkan nilai positif dari 56 publikasi dan hanya 4 saja yang memberikan negatif kalau berdasarkan dari Metacritic, yang berarti walaupun mereka baru membagikan review copy sehari sebelum dirilis, kualitas gamenya tetap baik.

Kalau dilihat lebih jelas lagi, sebenarnya Bethesda mengatakan kalau mereka baru akan mengirimkan review copy 1 hari sebelum gamenya dirilis seperti yang tertera pada judul tulisan ini langsung. Kalau begitu berarti mereka masih memberikan review copy, kan? Yang membedakan adalah waktu reviewnya jadi mundur saja, dan bagi yang menunggu review juga hanya perlu bersabar sedikit saja. Namun mengapa banyak yang protes? Bisa saja yang protes akan hal tersebut memang mendapatkan uang dari menulis review dimana mereka beradu cepat untuk menulis review demi menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Yang lebih tepat sebenarnya pembeli lah yang harusnya lebih bisa bersabar dan jangan mau membeli secara pre-order atau membeli di hari pertama mengingat sudah cukup sering terjadi game yang banyak membawa masalah ketika game itu keluar di hari pertamanya, seperti yang baru-baru ini terjadi pada Mafia 3 atau bahkan No Man’s Sky.

Sudah sewajarnya kalau sekarang pembeli harus bisa menahan diri dan menunggu hingga dapat melihat situasinya sebenarnya terlebih dahulu sebelum membelinya. Kalau sudah mengetahui banyak game yang kacau pada hari pertama game tersebut dirilis tetapi tetap tidak bisa menahan diri untuk membelinya di hari pertama itu atau bahkan masih pre-order juga, siapa yang salah kalau begitu?